TELAAH SOSIO ANTROPOLOGIS TERBENTUKNYA HUKUM KEWARISAN DALAM ISLAM
Abstract
Hukum kewarisan dalam Islam lahir melalui perjalanan panjang yang dipengaruhi oleh konteks teologis dan sosial-budaya. Sebelum Islam datang, sistem patriarki yang kuat di masyarakat Arab pra-Islam menempatkan laki-laki dewasa sebagai satu-satunya penerima warisan, sementara perempuan dan anak-anak seringkali diabaikan. Islam membawa reformasi dengan menetapkan hak-hak warisan untuk semua pihak, termasuk perempuan dan anak-anak, berdasarkan prinsip keadilan distributif yang diatur dalam Al-Qur'an dan sunnah. Di Indonesia, hukum kewarisan Islam berkembang melalui integrasi dengan hukum adat dan disahkan dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI). Hal ini menunjukkan fleksibilitas hukum Islam untuk beradaptasi dengan kebutuhan sosial lokal tanpa meninggalkan nilai-nilai universalnya. Meskipun begitu, pelaksanaan hukum kewarisan masih menghadapi tantangan, seperti kurangnya pemahaman dan perbedaan interpretasi di masyarakat. Telaah sosio-antropologis terhadap hukum kewarisan menunjukkan bahwa hukum ini tidak hanya berlandaskan ajaran religius, tetapi juga berfungsi sebagai respons terhadap kebutuhan sosial yang terus berkembang, memberikan solusi yang relevan dan adil bagi umat Muslim
References
Azhar Basyir, Ahmad Hukum Waris Islam Yogyakart.: UII Press, 2004.
Departemen Agama RI Kompilasi Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2002.
Kha.irul Uma.m, Dia.n. Fiqih Ma.wa.ris untuk IA.IN, STA.IN, PTA.IS. Ba.ndung: Pusta.ka. Setia., 1999.
Muhibbudin, Moh. Hukum Kewa.risa.n Isla.m. Ja.ka.rta.: Sina.r Gra.fika., 2009.
Mulya.di. Hukum Wa.ris Ta.npa. Wa.sia.t. Sema.ra.ng: Ba.da.n Penerbit Universita.s Diponegoro, 2008.
Projodikoro, Wiryono. Hukum Wa.risa.n di Indonesia.. Ba.ndung: Sumur, 1983.
Ra.hma.d Rosya.di, A.. da.n M. Ra.is A.hma.d. Formula.si Sya.ri’a.t Isla.m Da.la.m Perspektif Ta.ta. Hukum Indonesia.. Bogor: Gha.lia. Indonesia., 2006.
Rofiq, A.hma.d. Fiqh Ma.wa.ris. Ja.ka.rta.: PT Ra.ja. Gra.findo Persa.da., 2001. Sa.yuti Tha.lib. Receptie a. Contra.rio, Hubunga.n Hukum A.da.t denga.n Hukum Isla.m. Ja.ka.rta.: Bina. A.ksa.ra., 1980.
Sa.biq, Sa.yyid. Fiqh a.s-Sunna.h. Terjema.ha.n. Sema.ra.ng: Toha. Putra., 1972.
Sostroa.tmodjo, A.sro da.n A.. Wa.sit A.ula.wi. Hukum Perka.wina.n di Indonesia.. Ja.ka.rta.: Bula.n Binta.ng, 1978.
Suha.ili Sufya.n, Muha.mma.d. Fiqh Ma.wa.ris Pra.ktis. Ba.ndung: Cita. Pusa.ka. Media. Perintis, 2012.
Sya.uka.ni, Ima.m. Rekonstruksi Epistemologi Hukum Isla.m Indonesia. da.n Releva.nsinya. ba.gi Pemba.nguna.n Hukum Na.siona.l. Ja.ka.rta.: PT Ra.ja. Gra.findo Persa.da., 2006.
Soeka.nto, Soerjono. Penega.ka.n Hukum. Ceta.ka.n ke-1. Ba.ndung: Bina. Cipta., 1983.
Tha.lib, Sa.yuti. Receptie a. Contra.rio, Hubunga.n Hukum A.da.t denga.n Hukum Isla.m. Ceta.ka.n ke-4. Ja.ka.rta.: Sina.r Gra.fika., 1993.
Tha.lib, Sa.juti. Hukum Kewa.risa.n Isla.m di Indonesia.. Ja.ka.rta.: Sina.r Gra.fika., 2004.
Toha.ri, Ilha.m. Ra.ga.m Hukum Wa.ris di Jomba.ng: Studi tenta.ng Sosia.l Ma.sya.ra.ka.t Muslim da.la.m Penyelesa.ia.n Perka.ra. Wa.ris. Diserta.si, IA.IN Suna.n A.mpel Sura.ba.ya., 2013.
Usma.n, Supa.rma.n da.n Yusuf Soma.wina.ta.. Fiqh Ma.wa.ris. Ja.ka.rta.: Ga.ya. Media. Pra.ta.ma., 2002.
Usma.n, Supa.rma.n da.n Yusuf Soma.wina.ta.. Fiqh Ma.wa.ris Hukum Kewa.risa.n Isla.m. Ja.ka.rta.: Ga.ya. Media. Pra.ta.ma., 2002.
UU No. 7 Ta.hun 1989 tenta.ng Pera.dila.n A.ga.ma.. Pa.sa.l 49. Liha.t juga. UU No. 3 Ta.hun 2006 tenta.ng Peruba.ha.n UU No. 7 Ta.hun 1989 tenta.ng Pera.dila.n A.ga.ma..